Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Aplikasi Penerjemah-NTT DoCoMo

Aplikasi Penerjemah-NTT DoCoMo
NTT DoCoMo, sebuah jaringan seluler terbesar di Jepang mengeluarkan telepon panggilan aplikasi penerjemah.
Sebuah aplikasi yang menawarkan real-time terjemahan yang memungkinkan orang-orang di Jepang berbicara dengan orang asing melalui telepon dengan kedua belah pihak menggunakan bahasa ibu mereka.
Aplikasi penerjemah ini awalnya akan mengkonversi bahasa Jepang ke Bahasa Inggris, Mandarin dan Korea, kemudian berlanjut ke bahasa lain.

Ini merupakan layanan aplikasi terbaru dalam serangkaian penerjemah percakapan telepon yang dimulai dalam beberapa bulan terakhir.
Aplikasi ini bernama Hanashite Hon’yaku yang versi Android-nya sudah dipamerkan di ajang Combined Exhibition of Advanced Technologies (Ceatec) di Jepang awal bulan ini. Rencananya akan dirilis 1 November mendatang. Aplikasi ini menggunakan speaker penerjemah percakapan suara yang akan dikonversikan ke pihak lain setelah mengalami sedikit jeda. Pada akhir November akan ditambahkan pula program untuk bahasa Perancis, Jerman, Indonesia, Italia, Portugis, Spanyol, dan Thailand.

Kecepatan dan akurasi terjemahan dapat berjalan di semua smartphone. Teknologi ini berbasis cloud computing yang disediakan pihak Docomo. Pelanggan harus mendaftarkan diri dulu ke Docomo untuk dapat menikmati paket ini.
Tapi apa yang ditawarkan Docomo bukan satu-satunya. Layanan serupa juga dirilis Alcatel-Lucent asal Perancis dengan nama aplikasi WeTalk. Layanan ini tersedia bagi bahasaJepang, Inggris, Perancis, Arab, dan lainnya. WeTalk juga tersedia bagi jaringan telepon landline, bukan terbatas pada selular.

Alcatel-Lucent telah mematenkan teknologi yang menangkap suara user dan meningkatkan kualitasnya sebelum diterima oleh software pengenal ucapan. Data ini kemudian diolah oleh software penerjemah sebelum dijalankan menggunakan alat synthesiser ucapan. Proses ini diklaim dapat berjalan dalam tempo satu detik saja, sehingga penerjemahan berlangsung real time.

Namun, perangkat lunak yang terlibat tidak dapat menawarkan terjemahan yang sempurna, membatasi penggunaannya dalam beberapa situasi.
Sementara itu Microsoft’s Research Labs juga tengah bekerjasama dengan Translating Telephone. Mereka mengembangkan software yang mampu menyempurnakan pengucapan kata-kata yang sering berbeda-beda pada setiap manusia.

Sumber: http://www.bbc.co.uk
Gambar: http://www.ciputraentrepreneurship.com

6 komentar:

  1. layanan inovatif ini ya ...
    Salam

    BalasHapus
  2. Wah..canggih juga nih aplikasinya :)

    Thks ya shrenya :)

    BalasHapus
  3. makin mirip seprti acara jumpa pers atau sidang internasinal, pakai alat penerjemah di telinga

    BalasHapus
  4. lancar dan sip serta sehat selalu ya kawan :D ....Salam Blogger Indonesia....

    BalasHapus
  5. berarti bisa nyambung komunikasinya ya.. ga perlu pake penerjemah lagi

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas