Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Bahasa gaul remaja

bahasa gaul remaja
Bahasa gaul remaja dalam gaya berkomunikasi sehari-hari, siswa remaja terutama dengan sesama sebayanya seringkali menggunakan bahasa khusus yang kita kenal dengan bahasa "gaul". Selain bukan merupakan bahasa yang baku, kata-kata dan istilah dari bahasa gaul itu terkadang hanya dimengerti oleh para siswa remaja atau mereka yang menggunakannya dalam "bahasa gaul remaja".
Pada usia remaja, mereka memasuki tahap pengembangan kognitif yang disebut tahap formal operasional.
Pada tahapan ini merupakan tahapan tertinggi perkembangan kognitif manusia. Yaitu individu mulai mengembangkan kapasitas abstraksinya.
Sejalan dengan pengembangan kognitifnya, perkembangan bahasa remaja mengalami peningkatan pesat. Kosa kata remaja terus mengalami pengembangan seiring dengan bertambahnya referensi bacaan dengan topik-topik yang lebih kompleks.
Remaja mulai peka dengan kata-kata yang memiliki makna ganda. Mereka menyukai penggunaan metaphor, ironi, dan bermain dengan kata-kata untuk mengekspresikan pendapat (kebebasan).
Sering dikalangan remaja dan kelompoknya menciptakan ungkapan-ungkapan baru yang sifatnya tidak baku. Sebagai bahasa komunikasi ekslusive antar anggota/kelompok;"geng".
Menjaga kerahasiaan informasi,walau lebih kepada gengsi dan rasa senang jika orang lain yang bukan kelompoknya, bingung mendengar percakapan mereka.
Bahasa seperti inilah yang kemudian banyak dikenal dengan istilah bahasa gaul.
Disamping merupakan bagian dari proses pengembangan kognitif, munculnya penggunaan bahasa gaul juga merupakan ciri dari pengembangan psikososial remaja.
Remaja memasuki tahapan psikososial yang disebut sebagai identify versus role confusion. Hal yang demikian terjadi pada tahapan ini adalah pencarian dan pembentukan identitas. Remaja ingin diakui sebagai individu unik yang memiliki identitas sendiri yang terlepas dari dunia anak-anak maupun dewasa.
Penggunaan bahasa gaul ini merupakan proses pengembangan sebagai identitas kebebasan ( independensi ) dari dunia orang dewasa dan anak-anak.

Sumber : disarikan dari berbagai pendapat ahli
Sumber gambar : sdmuhcc-yogya.sch.id

8 komentar:

  1. Assalamualaikum pak Arya Devi...
    Selamat hari senin,,semga senantiasa mendapat cucuran kasih sayang ALLAH
    ^^
    Bahasa gaul, salah satu yg lagi tenar sekarang itu kata ini nih "GALAU"

    Di mana2 pasti sering banget yg bilang "Lagi galau nih gue.." Hahahahaha.

    "Gue Lo Gue Lo" juga termasuk kan pak?

    BalasHapus
  2. sekarang sih, bahasa gaul gak hanya pada remaja saja...
    anak kecil, bahkan orang tua pun banyak yg pakai bahasa gaul, biar lebih gaul katanya...
    hehehe....

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Pak.
    Maaf baru bisa berkunjung, maklum FTM repot sama anak2 :)
    Pusing kalau baca atau mendengar bahasa gaul. saya kan bukan ibu2 gaul hihihi

    BalasHapus
  4. wa'alaikum salam sobat Kalong, mba Lidya dan sobat Batu ^_^...semoga kondisi kita semua bisa tetap survive di blogging dan sehat selalu.

    BalasHapus
  5. Saya salah satu pengguna bahasa "rahasia" kala remaja. Mungkin bisa jadi itu bahasa gaul, namun hanya saya & 1 org yang tahu karena itu kesepakatab kami untuk mengganti kata-kata spesifik dengan judul lagu. Rasanya? DUNIA DITANGAN KAMI BERDUA!

    BalasHapus
  6. sekarang populer sama kata ababil hehhee

    BalasHapus
  7. bgus jg tuu sa mnambah wa2san...

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas