Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Energi Gelap, Ilusi?

Energi Gelap
Energi Gelap (Dark Energy):Hanya Ilusi?
Energi gelap adalah pusat dari salah satu misteri terbesar fisika modern, tapi mungkin juga ini tidak lebih dari sebuah ilusi, menurut fisikawan di Universitas Oxford.

Masalah yang dihadapi astrofisikawan adalah bahwa mereka harus menjelaskan mengapa alam semesta tampaknya semakin mengembang? Penjelasan yang paling populer adalah bahwa ada beberapa jenis kekuatan yang mendorong percepatan ekspansi alam semesta.

Kekuatan inilah yang disebabkan oleh energi gelap (misterius).
Meskipun energi gelap mungkin tampak sedikit dibuat (rekayasa?), teori Oxford yang mengusulkan alternatif lain bahkan terlalu berlebihan. Mereka menunjukkan bahwa mungkin kita hanya hidup di tempat yang sangat istimewa di alam semesta - khususnya, kita berada dalam kekosongan besar di mana kepadatan materi sangat rendah. Sumber referensi data dalam Prinsip Copernican, yang merupakan salah satu prinsip yang paling banyak menjadi acuan dalam fisika.

Copernicus merupakan salah satu ilmuwan pertama yang berpendapat bahwa kita tidak berada di tempat khusus di alam semesta, dan bahwa setiap teori yang mengemukakan bahwa kita istimewa kemungkinan salah besar. Prinsipnya menjelaskan langsung pada penggantian konsep bumi yang bagian tata surya dengan model matahari sebagai pusat lebih diterima.

Energi gelap mungkin tampak seperti peregangan, tapi ini konsisten dengan Prinsip Copernican. Teori bahwa kita hidup di tempat khusus di alam semesta, bisa saja walau kemungkinan lain akan mengejutkan banyak ilmuwan. Para fisikawan maverick di Oxford menyimpulkan teori mereka dengan menunjukkan bahwa tes mendatang pada prinsip Copernican harus membantu dalam memilah misteri dark energy dalam beberapa tahun ke depan.
***
"Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" [QS Al-Anbiya' : 30]
"Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya." [Adz Dzaariyaat ayat 47]

"Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap; dan sungguh jika keduanya akan lenyap tidak ada seorangpun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun."[Al-Faathir ayat 41]

"(Yaitu) pada hari Kami gulung langit sebagai menggulung lembaran - lembaran kertas. Sebagaimana Kami telah memulai panciptaan pertama begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati; sesungguhnya Kamilah yang akan melaksanakannya." [Al-Anbiyaa' ayat 104]
"Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya1317. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan." [Az-Zumar ayat 67]

Sumber: www.sciencedaily.com

7 komentar:

  1. .. waduch,, fisika banget nich pak. he..86x ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Vie...mencoba menafsirkan alam dengan quran....walau ini sebatas penafsiran manusia yang dhaif.

      Hapus
  2. semua fenomena alam sudah tertulis dalam Al Qur'an ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aryadevi media belajar siswa15 April 2013 19.27

      iya bu...lewat quran kemudian dari penafsiran manusia yang membacanya, mencoba memahaminya dan insyaAllah adalah benar, karena Allah juga tempat yang benar.

      Hapus
  3. di angkasa memang masih banyak misteri yang belum terpecahkan. Kalo pintu langit yang disebut sebut dalam Isra miraj itu seperti apa ya.. Coba ilmuwan bisa menemukan yang namanya pintu langit itu.. apa wormhole itu bisa jadi pintu langit ya?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wallahualam bisawab teman...hanya bisa kita mengamini bahwa Maha benar Allah dalam segala penciptaanNya..

      Hapus
  4. langit akan selalu jadi misteri

    alangkah baiknya bila ilmuwan islam yang memecahkannya

    BalasHapus

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas