Cari Artikel di blog Media Belajar Siswa

Loading
Untuk mencari artikel cukup ketikan kata kunci dan klik tombol CARI dengan mouse -Jangan tekan ENTER.

Dari temperamen, karakter dan kepribadian

temperamen, karakter dan kepribadian
Kita (manusia) sadar atau tidak akan terus belajar, karena manusia dicipta memang untuk terus belajar-tidak lah salah jika kemudian banyak motivator menyatakan bahwa manusia adalah makhluk pembelajar.
Terutama bagaimana mempelajari diri sendiri, tentang yang namanya temperamen, karakter dan kepribadian.
Dengan menyadari kondisi-kondisi sifat yang sudah terpetakan (diketahui) tersebut, , maka diharapkan dapat kita seimbangkan, diselaraskan, sehingga menjadi nilai positif bagi diri sendiri, manusia lain dan lingkungan
***
1. Temperamen adalah kombinasi dari sifat-sifat yang kita bawa sejak lahir. Dibagi jadi empat macam yakni Sanguinis, Koleris, Melankolis dan Plegmatis.
Tidak ada temperamen yang lebih baik atau lebih buruk dari yang lainnya, semua ada kelemahan dan kelebihannya. Kita harus pintar mengendalikannya.
a.Sanguinis
Dimana orang yang sanguinis adalah orang yang memiliki temperamen yang khas seperti hidup mudah berganti haluan, ramah, mudah bergaul, lincah, periang, mudah senyum, dan tidak mudah putus asa. Selalu periang dan penuh pengharapan, menganggap segala sesuatu yang dihadapi amat penting, tapi segera dapat melupakannya sama sekali sesaat kemudian. Ia ingin menepati janji-janjinya tapi gagal melaksanakan keinginannya itu sebab ia tidak cukup berminat untuk menolong orang lain. Ia adalah seorang penghutang yang jelek yang terus menerus minta waktu untuk membayar. Ia amat luwes, pandai bergaul, periang.
b.Koleris
Adalah orang yang memiliki temperamen yang khas seperti hidup penuh semangat, keras, hatinya mudah terbakar, daya juang besar, optimistis, garang, mudah marah, pengatur, penguasa, pendendam, dan serius.
c.Melankolis
orang yang melancholis adalah orang yang memiliki temperamen yang khas seperti mudah kecewa, daya juang kecil, muram, pesimistis, penakut, dan kaku.
d.Plegmatis
orang yang phlegmatis adalah orang yang memiliki tipe kepribadian yang khas seperti tidak suka terburu-buru, tenang, tidak mudah dipengaruhi, setia, dingin, santai dan sabar.

(lebih lanjut tentang Sanguinis, Koleris, Melankolis dan Plegmatis akan di posting secara tersendiri)
***

2. Karakter adalah kombinasi dari temperamen dan kebiasaan yang kita lakukan. Karakter adalah diri kita yang sebenarnya. Karakter yang baik adalah gabungan dari temperamen yang sudah dikendalikan dengan kebiasaan baik yang kita punya serta latihan-latihan yang kita lakukan. Jadi membentuk karakter adalah penting!

Pengertian Karakter
Karakter secara konsep dapat dibedakan dengan pertumbuhan tetapi antara keduanya adalah satu kesatuan dalam proses individu dalam perubahan sepanjang hidupnya.
Karakter juga dapat diartikan proses yang kekal dan tetap yang menuju kearah yang menunjukan sifat yang khas antara tingkah laku pada tingkatan umur tertentu, yang mempunyai tingkah laku tidak hanya lebih luas tetapi mengandung kemungkinan yang lebih banyak.
Karakter dapat diartikan bahwa perubahan-perubahan yang terjadi pada diri manusia secara terus menerus kearah yang lebih maju yang nampak lebih banyak bersifat kualitatif , karena itu berkenaan dengan aspek kejiwaan.
***

3. Kepribadian adalah ekspresi yang keluar dari kita, alias wajah kita. Kepribadian kadang memang keluar sebagai manifestasi dari karakter kita yang sebenarnya, tapi kadang juga hanya topeng, Diri kita sebenarnya adalah karakter yang kita punya.

Pengertian Kepribadian
Agama Islam memandang kepribadian dengan fitrah. Dalam pemahamannya, bahwa fitrah disini yang bisa dan telah dikotori oleh lingkungan - dapat menjadi suci kembali.
Secara etimologis istilah kepribadian berasal dari bahasa latin yaitu Per dan Sonarae yang kemudan berkembang menjadi persona yang berarti topeng. Kemudian berubah menjadi personality menurut pengertian modern sebagai keseluruhan kualitas tingkah laku dari pribadi seseorang.


Analogi :
Pisau, bisa terbuat dari baja, besi, timah, alumunium, ....ini adalah kepribadian
Pisau yang terbuat dari baja, besi, timah, alumunium, tersebut, dibentuk menjadi tajam, setengah tajam, setengah tumpul, atau sangat tumpul, bahkan berkarat sama sekali.. ini adalah karakter.
Oleh karena itu, sulit mencari : Pembentukan Pribadi / Personality Building (karena sudah dari lahir)
yang ada yaitu : Pembentukan Karakter / Character Building (Pembentukan dari sebuah Kepribadian "X" menjadi karakter "A/B/C").

Dari temperamen, karakter dan kepribadian
Tulisan terkait di Melankolis

1 komentar:

(Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog Arya-Devi sudut kelas media belajar siswa)
Komentar Anda sebagai masukan berharga dan juga sebagai jalinan interaksi antar pengguna internet yang sehat. Dan jika berkenan mohon dukungannya dengan meng-klik tombol G+.

Jika berkenan dengan artikel di Blog ini,Mohon dukungan dengan klik G+ di Aryadevi Sudut Kelas